Rumus Function text
Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah angka yang disajikan berupa lembar kerja (spreadsheet) untuk melakukan pengolahan dan analisis data.Namun, Microsoft Excel juga menyediakan fungsi untuk memudahkan pengguna selain angka. Salah satunya adalah fungsi text yang diaplikasikan pada excel. Fungsi ini digunakan untuk mengubah data numerik (numeric) menjadi teks (String) serta menampilkan dalam format bilangan.
1.UPPER, LOWER, PROPER
- Fungsi Lower digunakan untuk merubah semua karakter teks menjadi huruf
- fungsi upper digunakan untuk merubah semua karakter teks menjadi huruf KAPITAL.
- fungsi PROPER digunakan untuk merubah semua karakter teks menjadi huruf kapital di setiap awal kata.
Contoh Penggunaanya :
Rumus CONCATENATE adalah fungsi teks (functional text) yang digunakan untuk menggabungkan teks (string) atau angka. Umumnya, fungsi CONCATENATE sering digunakan untuk menggabungkan tanggal dengan tempat dan membuat rumus terbilang sehingga menjadi satu string. Rumus penggunaan CONCATENATE yang diaplikasikan pada fungsi teks Excel. Contoh Penggunaannya yaitu :
3.LEN
Fungsi LEN adalah salah satu fungsi Excel dalam kategori fungsi TEXT yang digunakan untuk menghitung jumlah karakter huruf atau teks di excel. Karakter yang dihitung oleh fungsi LEN excel ini termasuk jumlah huruf, angka maupun tanda baca semisal spasi, koma dan titik. Cara menggunakan fungsi LEN adalah sebagai berikut:
Rumus Count
Fungsi COUNT menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen. Gunakan fungsi COUNT untuk mendapatkan jumlah entri di bidang angka yang ada dalam rentang atau larik angka. Misalnya, Anda bisa memasukkan rumus berikut untuk menghitung angka dalam rentang A1:A20: =COUNT(A1:A20). Dalam contoh ini, jika ada lima sel dalam rentang berisikan angka, hasilnya adalah 5.
Agar lebih jelas memahami COUNT, berikut adalah contoh penggunaan dan hasilnya dalam excel.
Rumus Sumif
Fungsi atau rumus Sumif digunakan sebagai rumus penjumlahan dengan sebuah kriteria atau untuk menjumlahkan nilai sebuah range yang memenuhi syarat tertentu. Pada rumus excel cara menggunakan rumus Sumif adalah sebagai berikut
SUMIF(range, criteria, [sum_range])
Range merupakan rentang sel yang akan dievaluasi berdasarkan kriteria.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar